Hubungan lama pemakaian kb suntik dengan peningkatan berat badan

Namun tidak di dapatkan perbedaan berat badan yang signifikan antara berat badan awal dengan berat badan pertama kali suntik dan berat badan awal dengan kedua kali suntik.

Mitra Cendikia Pers. Meningkatkan penggunaan metode kontrasepsi yang efektif dan efisien. A sample of 46 people who were taken with total sampling technique. Latar Belakang Memasuki awal tahun pertama pembangunan jangka panjang tahap II. Jenis Penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan penelitian cross sectional yaitu dengan pengambilan data yang hanya di lakukan satu kali.

Kontrasepsi suntik intramuseular ke dalam tubuh wanita secara KB merupakan jenis kontrasepsi hormonal periodik setiap 3 bulan sekali, dengan yang bahan bakunya mengandung preparat keuntungan sangat efektif dengan angka estrogen dan progesteron Everett, Akseptor atau peserta KB baru, yaitu Pasangan Usia Subur yang pertama kali menggunakan kontrasepsi setelah mengalami kehamilan yang berakhir dengan keguguran atau persalinan.

Maruaba, Redaksi berhak mengubah tulisan tanpa mengubah maksud atau substansi dari naskah yang dikirimkan. Rumusan Masalah Berdasarkan uraian diatas maka yang dapat dijadikan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Statistik untuk Penelitian.

Dilihat dari segi digunakan masyarakat, diantaranya kuantitas jumlah penduduk Indonesia kondom, pil, suntik, susuk, IUD, hingga cukup besar yaitu juta jiwa, tetapi dari bentuk vasektomi dan tubektomi Burzi, segi kualitas melalui Indeks Pembangunan Pembangunan Gerakan Keluarga Berencana Nasional ditujukan terutama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

At the first survey toward 10 acceptors, 6 people used DMPA family planning for 3 years and their weight increased 3 — 5 kg in the second and third year. Keluarga berencana dan kontrasepsi.

Hipotesa tahun pertama penyuntikan. The statistical test used was Chi square test. Hal ini juga para ahli DMPA merangsang pusat semakin memperkuat bahwa KB pengendali nafsu makan di hipotalamus, DMPA bukan faktor yang signifikan yang menyebabkan akseptor makan menyebabkan kenaikan berat badan.

The statistical test used was Chi square test. The side effects of a contraception method is a consideration of the acceptors to choose the right contraceptive for the women.

Hal ini disebabkan progestin dengan perubahan berat badan. Sedangkan didapatkan perbedaan yang signifikan antara berat badan awal dengan berat badan ketiga kali suntik dan berat badan awal berat dengan badan keempat kali suntik.

The main effect of using DMPA is increasing body weight kg within 2 months in the first year. Pertumbuhan penduduk di Indonesia Ada beberapa kontrasepsi yang biasa cukup tinggi setiap tahun. Peningkatan Berat Badan data kuantitatif melalui wawancara untuk Tabel. Tujuan Khusus a.

Alasan responden lebih suka para ahli DMPA merangsang pusat menggunakan kontrasepsi KB pengendali nafsu makan di hipotalamus, suntik itu diantaranya karena tidak yang menyebabkan akseptor makan merasa kesulitan dalam hal biaya, lebih banyak dari biasanya Hartanto, karena kontrasepsi suntik KB 3 Tingginya laju Kependudukan dan Keluarga Berencana pertumbuhan yang tidak diiringi Nasionaldalam upaya membangun peningkatan kualitas penduduk ini terus penduduk yang berkualitas maka dilakukan upaya penanganan yaitu dengan pemerintah memberikan perhatian besar program keluarga berencana Sri terhadap pembangunan sumber daya Handayani, BAB 2 A.

Dari keseluruhan data yang telah dipaparkan di atas, untuk memperkecil resiko pemakaian kontrasepsi terhadap peningkatan berat badan perlu diadakannya penyuluhan yang menyeluruh kepada seluruh akseptor KB baik yang terkait dengan kesehatan alat reproduksi, kesehatan ibu dan anak dan pola hidup sehat.

Dari hasil penelitian ini juga diperoleh perbedaan antara penggunaan KB suntik DMPA dengan perubahan berat badan mulai dari awal suntik hinggal terakhir suntik 1 tahundidapatkan bahwa xxv tidak ada perubahan berat badan yang signifikan setelah suntik pertama kali dan kedua kali, sedangkan setelah suntikan tiga kali dan empat kali didapatkan adanya perubahan yang signifikan.

This type of research is an analytic correlation with cross sectional approach. Mekanisme kerja Suntikan KB. Meningkatkan keluarga prasejahtera dan keluarga sejahtera, yang aktif dalam usaha ekonomi produktif.

HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KB SUNTIK DMPA DENGAN PENINGKATAN

There is a tendency of increased body weight on the first and second injections, whereas after the third and fourth injections has increased significantly. Ratih, S.

Kepada semua pihan terutama bidan dan petugas kesehatan lain dapat memberikan konseling tentang efek samping KB DMPA sehingga tidak ada kekhawatiran dari akseptor KB dalam penggunaan alat kontrasepsi. Mengontrol waktu saat kelahiran dalam hubungan dengan umur suami istri f.

The sample in this study a total of 74 subjects were drawn from medical records of patients. Dilihat dari segi digunakan.1 hubungan lama pemakaian dengan peningkatan berat badan pada akseptor kb suntik dmpa di bps pipin bantul yogyakarta tahun arni dwi widianti 2, asri hidayat 3.

Berat badan adalah ukuran yang lazim atau sering dipakai untuk menilai keadaan suatu gizi ancientmarinerslooe.com badan diukur dengan alat ukur berat badan dengan suatu satuan kilogram. Didapatkan juga paritas dengan berat badan paling besar adalah paritas 3 anak sedangkan yang paling kecil adalah paritas 1 anak.

Hasil penelitian ini didapatkan hubungan yang signifikan antara penggunaan KB suntik DMPA dengan peningkatan berat badan.

Terdapat kecenderungan peningkatan berat badan pada suntikan pertama dan kedua, sedangkan setelah suntikan ketiga dan keempat mengalami. Kata Kunci: Lama pemakaian KB suntik DMPA, Peningkatan berat badan Abstract: Body weight gain is one side effect of the use of DPMA injection method.

HUBUNGAN PENGGUNAAN KB SUNTIK DMPA DENGAN PERUBAHAN BERAT

Untuk kontrasepsi hormonal suntik paling banyak menimbulkan peningkatan berat badan, hal ini dibuktikan dengan perolehan dari 37 atau 86% responden yang menggunakan kontrasepsi suntik mengalami peningkatan berat badan dari jumlah pemakai kontrasepsi hormonal suntik Author: Aangcoy HUBUNGAN LAMA PEMAKAIAN DMPA DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN AKSEPTOR SUNTIK DI BPS SUHANDRIYAH KEDON SUMBERMULYO BANTUL KARYA TULIS ILMIAH Diajukan sebagai salah satu.

Hubungan lama pemakaian kb suntik dengan peningkatan berat badan
Rated 4/5 based on 98 review