Metabolisme lemak biokimia

Setelah berada dalam intestine maka lipida kompleks, terutama triasilgliserolnya dihidrolis oleh lipase menjadi asam lemak bebas dan sisa Martoharsono, Ketiga senyawa ini disebut senyawa keton.

Secara ilmu gizi, lemak dapat diklasifikasikan sebagai berikut: Dari pemikiran tersebut, hampir semua orang, berusaha makan sehari cuma sekali atau dua kali saja demi mempertahankan rumus tersebut 'kalori yang masuk lebih kecil daripada kalori yang keluar maka kamu akan kurus'.

Sintesis asam lemak terjadi dalam sitoplasma, sedangkan oksidasi terjadi pada mitokondria. Inactive, Little or no exercise, desk job Laki2: Kilomikron membawa lemak dari usus berasal dari makanan dan mengirim trigliserid ke sel-sel tubuh.

Pada akhirnya, kilomikron yang tersisa yang lemaknya telah diambildibuang dari aliran darah oleh hati. Mungkin satu atau dua orang berhasil, tetapi ketika mereka berhenti diet, dan kembali makan normal, berat badan mereka langsung naik kembali ke titik awal bahkan lebih berat lagi.

Banyak tipe-tipe sel yang bisa menggunakan glukosa atau asam lemak untuk energi.

METABOLISME LEMAK

Molekul lemak terdiri dari 2 bagian: Fungsi lemak pada manusia adalah sebagai sumber energi selain karbohidrat. Namun, reaksi ini tidak terjadi sebaliknya, lemak tidak dapat diubah kembali menjadi protein dan karbohidrat.

Rumus BMR yang sering digunakan adalah sebagai berikut: Reaksi ini reaksi hidrasi terhadap ikatan rangkap antara C-2 dan C Jadi berdasarkan pada sifat fisika tadi, lipid dapat diperoleh dari hewan atau tumbuhan dengan cara ekstraksi menggunakan alcohol panas, eter atau pelarut lemak yang lain Poedjiadi, Jadi, lemak adalah salah satu makronutrisi penting untuk organisme uniseluler, selain karbohidrat dan protein.

Reaksi ini adalah reaksi oksidasi yang mengubah hidroksiasil koenzim A menjadi ketoasil koenzim A. Untuk mengetahui penggolongan fungsi lemak 4.

Bloor membagi lipid dalam tiga golongan besar yakni: Di mulut, lemak mulai mengalami tahapan pencernaan, terjadi penyesuaian suhu tertentu pada saat lemak dikunyah di mulut.

Pada siklus Krebs, asetil koenzim A bereaksi dengan asam oksaloasetat menghasilkan asam sitrat. Reaksi 2: Dari kantung empedu lemak akan bergabung dengan bile yang merupakan senyawa yang penting untuk proses pencernaan pada usus kecil.

Latar belakang Salah satu kelomok senyawa organic yang terdapat dalam tumbuhan, hewan, atau manusia dan yang sangat berguna bagi kehidupan ialah lipid.

Penggolongan Fungsi Lemak Senyawa-senyawa yang termasuk lipid ini dapat di bagi dalam beberapa golongan. Reaksi 1: Metabolisme lemak adalah proses kompleks dalam tubuh organisme yang mempunyai beberapa reaksi dan jalurnya tersendiri.

Bagian-Bagian Usus Halus Asam lemak tidak jenuh Adalah ketika rantai hidrokarbon memiliki ikatan ganda. Hal ini menghasilkan lemak yang berbentuk padat pada suhu ruangan.

Pada pemecahan asam lemak, tidak terdapat sistem multi enzim.

Metabolisme Lemak dalam Tubuh

Sintesis Asam Lemak Sintesis asam lemak berasal dari asetil koenzim A dan enzim yang bekerja sebagai katalis adalah kompleks enzim-enzim yang terdapat pada sitoplasma, sedangkan enzim pemecah asam lemak terdapat pada mitokondria.

Hal ini menyebabkan asetil koenzim A dari lemak tidak masuk dalam siklus Krebs, tetapi diubah menjadi asam oksaloasetat, asam hidroksibutirat dan aseton. Enzim yang berperan sebagai katalis dalam reaksi ini adalah Enzim asil KoA dehidrogenase.

· Segala puji syukur penulis panjatkan kehadurat Allah SWT yang telah melimpakan rahmat, tauhid dan hidayah­-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “METABOLISME LEMAK “ yang merupakan salah satu syarat untuk memenuhi tugas Pendidikan Biokimia.

· Lemak, disebut juga lipid, adalah suatu zat yang kaya akan energi, berfungsi sebagai sumber energi yang utama untuk proses metabolisme tubuh. Lemak yang beredar di dalam tubuh diperoleh dari dua sumber yaitu dari makanan danhasil produksi organ hati, yang bisa disimpan di dalam sel lemak sebagai cadangan energy (Tika, ).

metabolisme asam lemak rusdiana program studi biokimia Download fisik, atau diet tinggi lemak; oksidasi asam lemak adalah proses penghasil energi utama pada ketiga keadaan tersebut. Enzim glikolisis dan glikogenolisis dalam keadaan normal.

KETOSIS. Degradasi asam lemak → Asetil KoA terjadi di Hati, tetapi hati hanya mengunakan sedikit asetil KoA → akibatnya sisa asetil KoA berkondensasi membentuk Asam AsetoasetatAuthor: Sevi Ulfa Sari.

Metabolisme lemak biokimia
Rated 0/5 based on 98 review